Welcome!!!!! para tamu yang baik hati, bila anda sudah melihat isi-isi blog ini mohon komentarnya ya!!! maaf bila ada tutur kata yang tidak berkenan di hati anda.... Thank you!

TIK

Posted by 8 NASA Selasa, 16 September 2008

Di zaman globalisasi seperti sekarang ini, tentunya kita semua dituntut untuk, paling tidak, dapat menggunakan fitur-fitur dalam komputer yang paling biasa ada. Misalnya, Microsoft Word untuk mengolah data/file yang berbentuk teks untuk mebuat laporan dan sejenisnya, Microsoft Excel untuk mengolah data yang berhubungan dengan hitung-menghitung dan matematika, serta Microsoft Power Point yang lebih ke format presentasi. Lebih baik lagi bila kita tidak hanya dapat menggunakannya, tetapi juga menguasainya. Selain itu, kita juga harus bisa menggunakan internet. Bukan untuk tujuan buruk dan aneh-aneh tentunya, karena tujuan utamanya adalah mengikuti perkembangan zaman dan dapat lebih mudah mengakses informasi dari seluruh penjuru dunia.

Untuk meningkatkan kualitas anak didik, yang juga akan menjadi masa depan bangsa, sekolah (juga dituntut) paling tidak harus memberikan pembelajaran dasar mengenai Ilmu Komputer dan sejenisnya.

Seperti halnya di sekolah kami (SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Purwokerto) dan berbagai sekolah lainnya. Di sekolah kami, kami mempelajari berbagai teori dasar dari ketiganya (MS.Word, MS.Excel, dan MS.Power Point), adapula Ekstrakulikuler Komputer dimana kami dapat mempelajari lebih daripada itu. Misalnya mempelajari lebih tentang Adobe Photoshop, Ulead Video Studio, dan sebagainya. Juga ada ekstrakulikuler blogger yang mempelajari blog lebih mendalam.

Manfaatnya tentu saja ada, selain kita menjadi tidak ‘gaptek’, kita juga menjadi terbiasa dalam kehidupan sehari-hari untuk menggunakan komputer dan software-software-nya, dan dapat memudahkan kita dalam melakukan tugas-tugas seperti membuat laporan, makalah, dan sebagainya. Apalagi di masa depan kemampuan kita tersebut akan menjadi suatu kebutuhan, selain untuk diri kita sendiri dalam mencari pekerjaan, juga untuk pekerjaan tersebut dan perusahaan atau tempat kita bekerja itu sendiri.

Tetapi tentunya, untuk sekolah memberikan pelajaran-pelajaran dasar kepada murid-muridnya itu sendiri, sarana dan prasarana atau fasilitas-nya harus ada dan memadai untuk mendukung pembelajaran tersebut. Dan biasanya murid yang dirumahnya terdapat sarana, atau juga murid yang suka bereksperimen sendiri di luar jam pelajaran (baik menggunakan fasilitas sekolah atau luar sekolah, milik pribadi, sekolah, maupun umum), mengerjakan tugas atau belajarnya lebih mudah karena sudah terbiasa dengan hal-hal tersebut. Maka, kita juga dituntut untuk berani bereksperimen dan mencoba, serta terbiasa dengan hal-hal baru selama hal tersebut baik bagi kita maupun orang lain, tidak membayakan diri sendiri maupun orang lain.

0 comments

Posting Komentar