Welcome!!!!! para tamu yang baik hati, bila anda sudah melihat isi-isi blog ini mohon komentarnya ya!!! maaf bila ada tutur kata yang tidak berkenan di hati anda.... Thank you!

Saintika Biologi

Posted by 8 NASA Sabtu, 13 September 2008




Saintika.
Apakah saintika itu? Mungkin masih terdengar sedikit asing di telinga kalian. Saintika adalah singkatan dari Sains dan Matematika.

Ya, tepat sekali. Saintika adalah salah satu jenis ekstrakurikuler di SMP Al-Irsyad Purwokerto yang baru saja di luncurkan pada tahun ajaran 2008/2009. Ekstrakurikuler saintika di SMP Al-Irsyad dibagi menjadi 3 bidang, matematika, fisika, dan biologi.

Saintika biologi ialah kegiatan ekstrakurikuler yang rutin dilaksanakan setiap hari Sabtu. Pengampunya ialah Ust. Aprilia Lintawati yang sekaligus guru bilogi kelas 8 di SMP Al-Irsyad Purwokerto. Para murid yang mengikuti Ekskur ini dibimbing oleh Ibu isbandiyah. Beliau juga adalah seorang pebimbing persiapan olimpiade di SMA N 1 Purwokerto.

Murid yang mengikuti ektrakurikuler ini awalnya adalah memilih. Namun setelah itu mereka harus mengikuti proses penyeleksian secara ketat. Dan akhirnya tersaringlah 8 murid peserta ekstrakurikuler Saintika Biologi. Ada 6 murid dari kelas 7 dan 2 murid dari kelas 8.

Apakah itu Biologi?

Biologi atau yang bisa disebut ilmu hayat berasal dari bahasa Latin (bios:hidup, logos:ilmu). Jadi biologi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu mengenai makhluk hidup. Untuk mempelajari salah satu aspek makhluk hidup, Biologi akhirnya berkembang menjadi beberapa macam cabang keilmuan. Misalnya, anatomi mempelajari susunan tubuh makhluk hidup, Mikrobiologi mempelajari makhluk hidup berukuran kecil, taksonomi mempelajari klasifikasi makhluk hidup, dan masih banyak yang lainnya.

0 comments

Posting Komentar